Minggu, 14 Februari 2016

Buton Utara


mungkin bagi sebagian besar orang masih asing mendengar Buton Utara, namun bagiku disitulah tempat indah yang jarang ku temukan di pulau jawa, tempat dimana adat istiadatnya asih terasa kental dan masih percaya dengan adanya leluhur. perjalanan yang sangat jauh, dari kendari harus menaiki mobil kurang lebih 1 jam, di teruskan dengan kapal-kapal kecil nelayan untuk menyebrang kurang lebih 45 menit dan di kenakan biaya 35ribu, lalu dilanjutkan lagi dengan perjalanan darat selama 5 jam, itu jika memilih jalur darat. tapi aku lebih memilih jalur laut karena biayanya lebih murah dibanding lewat jalur darat, bukan hanya itu saja, pemandangan pinggir pantai sangat indah, apalagi jika di sore hari akan terlihat lebih indah, alngit yang berwarna orange serta ikan-ikan kecil yang berlompatan, sunggu aku snagat menyesal karena tak sempat mengabadikan momen ini.
sesampainya disana menurutku tak banyak perubahan, masih seperti dulu pertama kali aku menginjakan
kaki ku ke tanah buton utara, hanya saja sekarang aku tak harus susah payah mandi di sumur umum karena air pam sudah mulai mengalir di desa-desa, bahkan aku tak harus bersusah payah untuk menaiki bukit dan memanjat pohon untuk mencari signal. tradisi yang masih aku ingat sampai saat ini disaat pertama kali aku menginjakkan kakiku kemari, aku, ibu, adik, bahkan bapakku harus ke keraton untuk menginjak kerang, konon katanya jika kami belum menginjakkan kaki ke kulit kerang itu tandanya belum pernah kesini. bahkan aku masih bertanya kulit kerang itu sangatlah besar, tetapi yang ada di keraton itu hanya sebelahnya saja, lalu dimana kulit kerang yang sebelahnya? entahlah aku tak pernah menanyakan kepada bapakku.
ada pemandian di dekat keraton ini yang sangat menakjubkan menurutku, karena pemandian itu sangat dekat dengan pantai namun airnya terasa tawar tak ada rasa asin sama sekali, kedalamannya sampai puluhan kilometer dan dihiasi dengan karang-karang menjulang tinggi yang biasa digunakan untuk melompat, airnya sangat biru, banyak pepohonan di sekitarnya sungguh sangat indah sekali, bahkan jika bosan, langsung aja keluar dan berjalan ke pantai yang berada di depan pemandian ini. sungguh sangat indah ciptaan tuhan.
masih banyak tempat-tempat yang indah di buton utara yang belum aku kunjungi, jadi cukup sampai disini ya 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar